Tips tubuh tetap fit di bulan Ramadan

0
11:23 AM
Bulan Ramadan yang hanya hadir satu kali dalam satu tahun tentu sangat dirindukan oleh teman-teman muslim diseluruh dunia, tidak terkecuali di Indonesia. Lalu, bagaimana supaya anda bisa mengisi bulan penuh berkah ini dengan kegiatan yang positif? Berikut tips tubuh tetap fit di bulan Ramadan!

Menjaga tubuh tetap fit di bulan puasa
Tips tubuh tetap fit di bulan Ramadan sangat perlu untuk menjalani puasa dengan suka cita

Menjaga tubuh tetap fit di bulan puasa akan sangat membantu bagi anda dalam mengisinya dengan amalan-amalan yang dianjurkan. Anda tentu pernah melihat, atau bahkan mengalami sendiri bagaimana puasa menjadi begitu tidak menyenangkan karena badan anda lemas akibat seharian menahan lapar dan haus. Oleh sebab itu, anda perlu tahu tips tubuh tetap fit di bulan Ramadan. Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan jika anda ingin tubuh anda tetap bugar selama puasa, yaitu:

Saat sahur

Pada saat sahur, sangat dianjurkan untuk tidak makan dan minum sesuatu yang mengandung kadar gula terlalu tinggi. Karena hal ini bisa menyebabkan tubuh anda lemas ketika di siang hari. Selain itu anda juga harus menghindari fast food, makanan pedas, ataupun gorengan saat sahur untuk menjaga pencernaan anda. Saat sahur, supaya menjaga tubuh tetap fit di bulan puasa, anda disarankan meminum susu, karena susu bisa mencegah anda dari anemia. Usahakan menyediakan makanan atau minuman yang mengandung banyak air, terutama buah-buahan.

Saat puasa

Tips tubuh tetap fit di bulan Ramadan adalah dengan tetap melakukan aktifitas anda seperti biasa. Namun, anda disarankan untuk mengerjakannya pelan tapi pasti. Jangan karena anda puasa, lalu anda malas, karena justru menumpuk pekerjaan akan membuat anda stress, dan itu bisa membuat anda lemah. Lakukan olahraga ringan untuk menjaga kelancaran peredaran darah serta menjaga kebugaran tubuh. Jangan lupa beristirahat sejenak di waktu-waktu yang memang seharusnya digunakan untuk istirahat.

Saat berbuka

Saat berbuka merupakan saat dimana banyak orang lupa untuk menjaga tubuh tetap fit di bulan puasa. Hal ini dikarenakan anda akan berusaha memakan apapun yang ingin anda makan sebagai bentuk pelampiasan setelah seharian berpuasa. Padahal itu justru salah, berbukalah seadanya. Awali bervuka dengan sesuatu yang manis karena itu bagus untuk mengembalikan tenaga anda. Berbukalah dengan perlahan dan secukupnya untuk menjaga pencernaan anda.

Nah, itu tadi tips tubuh tetap fit di bulan Ramadan. Dengan menjaga kebugaran tubuh anda, anda bisa mengisi bulan puasa dengan ibadah yang telah diajarkan oleh nabi. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi anda!

About the author

Donec non enim in turpis pulvinar facilisis. Ut felis. Praesent dapibus, neque id cursus faucibus. Aenean fermentum, eget tincidunt.

0 comments: